Search

Iklan Slide

  • Official Website
  • Rovio Website
  • Samsung Official Website
  • Masukan Deskripsi Gambar Slideshow Disini

29 Des 2012

Point Penalty MotoGP

MOTOGP telah merilis peraturan baru yang akan diterapkan di musim 2013. Peraturan baru tersebut adalah penahanan sistem poin penalty bagi Pembalap yang membahayakan Pembalap lain maupun pengawas balapan (Marshall) ataupun official. 
                                                                               
Pengenaan sistem poin penalty ini dibuat berdasarkan hasil kesepakatan pada rapat yang digelar oleh tim MotoGP pada 13 Desember lalu di kota Madrid. Dasar dibuatnya sistem poin ini adalah dikarenakan untuk membuktikan konsistensi dari official selama 2012, khususnya di MOto2 dan Moto3 dimana beberapa Pembalap merasa mendapatkan kecelakaan yang berlebihan sampai dirawat.
 
"Telah diakui bahwa ada kebutuhan untuk mengatasi masalah pada pembalap yang terus menerus diperingatkan atau dihukum karena membahayakan pengendara lain atau melakukan pelanggaran serius lainnya seperti menyerang pengawas balapan ataupun official," demikian pernyataan yang ditulis oleh MotoGP dalam situs resmi mereka.

"Untuk mengatasi masalah itu, maka sistem baru menggunakan poin penalti telah disetujui. Race Direction dapat mengenakan sanksi kepada pembalap dengan poin penalti 1 hingga 10. Ini bisa dilakukan bersamaan dengan sanksi lainnya," lanjut pernyataan tersebut.

Dalam sistem jumlah poin tersebut disebutkan jika setiap Pembalap yang mencapai empat poin penalti maka pada balapan selanjutnya akan dijatuhi sanksi memulai balapan dari barisan paling belakang, tujuh poin penalti maka pada balapan selanjutnya akan dijatuhi sanksi memulai balapan dari pitlane, dan sepuluh poin penalty akan disanksi dengan didiskualifikasi pada balapan selanjutnya.

 Selain itu, jika Pembalap sudah mencapai poin penalty sepuluh maka akan poin penaltynya akan kembali ke nol lagi. Pengenaan sistem poin penalty ini juga tidak akan diakumulasi pada musim berikutnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar